Minggu, Januari 25, 2009

TOMAT RASA KURMA

Tomat rasa kurma atau torakur ini menurutku sangat inovatif. Rasanya legit manis dengan tekstur mirip kurma. Dari liputan televisi aku menangkap torakur ini kreasi seorang perempuan di daerah Kopeng-Jawa Tengah. Ia prihatin saat melihat harga tomat anjlog sewaktu panen raya. Terus dibuatlah torakur ini.

Torakur ini sebenarnya adalah manisan tomat yang dijemur kering. Membuatnya mudah, hanya butuh kesabaran saja. Pengen coba? Buat sedikit dulu aja kali ya, ntar kalau berhasil, nah, boleh tuh buat usaha. Siapa tahu berhasil, iya kan?

BAHAN:
1 kg tomat segar, pilih yang ukurannya sama dan jangan terlalu matang
1 sdm garam, larutkan dengan 1 lt air
1 sdm kapur sirih, larutkan dengan 1 lt air, endapkan, gunakan airnya yang bening
500 gr gula pasir
1/2 lt air

CARA MEMBUAT:
# Potong tipis bagian pangkal tomat. Kerok isinya dengan sendok. Biarkan daging dan kulit buahnya utuh, ini yang akan kita gunakan untuk torakur.
# Rendam tomat dalam air garam 1 jam, tiriskan. Pindahkan ke larutan kapur sirih. Rendam selama 2 jam. Tiriskan.
# Rebus gula dengan 1/2 lit air hingga mendidh. Matikan api, masukkan tomat ketika air gula masih panas. Rendam semalaman.
# Paginya, tiriskan tomat, rebus kembali air gula hingga agak kental. Matikan api, masukkan kembali tomat.
# Paginya, tiriskan tomat, kepal-kepal ringan tiap tomat hingga berbentuk seperti kurma, letakkan di tampah/nyiru dan jemur di terik matahari selama 2 hari atau hingga tomar berwarna kecokelatan. Sajikan.

TIPS & TRIK:
# Saat menjemur tutup tampah/nyiru dengan plastik untuk menghindari debu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar