Senin, Januari 26, 2009

BISTIK CAMPUR

Bahan:

* 300 gr daging sapi giling
* 3 lembar roti tawa1
* 50 ml susu cair tawar
* 6 sdt pala bubuk
* 3 sdt merica bubuk
* ½ butir telur ayam, kocok lepas
* 2 sdm tepung sagu tani
* 5 sdm kecap manis
* 5 siung bawang putih, cincang halus
* 1 butir bawang Bombay, cincang kasar
* 1500 ml air
* garam secukupnya
* 2 buah wortel, potong melintang dengan ketebalan sedang
* 100 gr buncis mini, potong panjang-panjang
* 100 gr bulir jagung manis siap pakai (frozen)
* minyak goreng untuk menumis

Caranya:

* Rendam roti tawar dengan susu cair, kemudian haluskan. Bubuhi 3 sdt pala bubuk, 2 sdm kecap manis, 1½ sdt merica bubuk dan sedikit garam, aduk rata. Masukkan daging giling, tepung sagu, telur kocok, aduk kembali hingga tercampur rata.
* Tumis bawang putih & bawang bombay sampai matang, masukkan 3 sdm kecap manis (bila suka boleh ditambah), 3 sdt pala bubuk, 1½ sdt merica bubuk, garam dan air. Didihkan.
* Setelah kuah mendidih, masukkan adonan daging, buat seperti bakso (bulatkan dengan 2 buah sendok atau pencet keluarkan dari kepalan tangan kita melewati ibu jari & jari telunjuk), masak sampai bola-bola daging matang (mengapung).
* Setelah kuahnya mulai menyusut, masukkan wortel. Menjelang wortel matang, masukkan buncis dan bulir jagung manis, aduk-aduk dan masak hingga wortel & buncis matang.
* Siap disajikan dengan kentang goreng (french fries / potato wedges) atau pure kentang (mashed potato). Bisa juga dengan nasi.

1 komentar:

  1. Hi.. saya Peony, pemilik pawonpeony.blogspot.com
    dan ini resep murni kreasi saya.. jadi tolong ditulis dong asal resep ini darimana... ohya resep ini sebelumnya dimuat di KOKI Citizen Journalism..

    BalasHapus